Tips Membeli Buku Psikologi untuk Kuliah yang Lebih Murah

Salah satu filosofi yang diadopsi oleh mahasiswa ialah muara meriah, apapun kegiatan atau hal yang mereka lakukan harus murah meriah, tidak terkecuali saat mereka akan membeli buku psikologi untuk mendukung kegiatan perkuliahan mereka. Biasanya, buku yang mereka cari ialah buku yang tidak diketemukan di kampus atau perpustakaan. Seperti yang kita tahu, harga buku di bangku perkuliahan begitu mahal, satu buku saja bisa mencapai ratusan ribu. Lantas, bagaimana jika satu semester terdapat belasan buku? Jika sekarang ini Anda juga demikian, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan buku dengan murah meriah.

Pertama, ketahuilah jika harga buku online tidak selalu lebih murah dibandingkan dengan toko offline. Untuk Anda yang terbiasa berbelanja buku di toko online, lebih baik Anda mulai membandingkannya dengan harga buku yang ada di kota Anda. Toko online biasanya menjual buku dengan berbagai macam harga, baik buku baru atau pun second. Saat akan melakukan pembelian, lihat berapa harga yang ditawarkan oleh toko online. Ketika Anda membeli buku secara online, berarti Anda harus siap dengan beban ongkos kirim yang harus Anda tanggung.

Kedua, membeli buku psikologi bekas. Sebenarnya, buku yang kita beli ini lebih pada fungsinya bukan pada cover nya. Seringnya, buku bekas dijual dengan harga yang lebih miring dibandingkan dengan buku baru. Mengapa Anda tidak memilihnya? Asalkan, buku bekas yang akan Anda beli masih bagus keadaannya dan masih bisa terbaca dengan baik, selain itu selisih harganya pun juga paling tidak harus lebih besar. Jangan sampai Anda membeli buku bekas, padahal buku baru memiliki selisih harga yang hanya 20 ribuan saja. Jika selisih harga hanya sedikit, akan sangat sayang nantinya.

Ketiga, meminjam buku? Kenapa tidak? Sekarang ini banyak bisnis peminjaman buku kuliah yang tersebar baik secara online ataupun secara offline. Biasanya peminjaman buku ini akan ramai di awal semester. Lantas, bagaimana mekanismenya? Peminjam akan meminjam buku saat di awal semester dan akan mengembalikan buku di akhir semester. Untuk persyaratan peminjaman buku ini biasanya seperti kartu mahasiswa. Untuk biayanya sendiri bisa 10% hingga 20% dari harga buku baru. Jadi, jika harga buku 500 ribu, Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari 50 ribu hingga 100 ribu untuk satu semester.

Keempat, jangan langsung membeli buku edisi lama. Memang, pada dasarnya buku edisi lama jauh lebih murah bila dibandingkan dengan buku edisi baru, mahasiswa sekarang memang lebih memilih buku dengan edisi lama. Namun, hal yang harus Anda cermati saat meminjam buku edisi lama ialah apakah dosen juga menyetujui pembelian buku edisi lama tersebut? Bagaimana jika dosen tidak mengizinkan penggunaan buku dengan edisi lama namun Anda terlanjur membelinya, maka lebih baik Anda menggunakan opsi lainnya untuk mencari buku yang murah ini.

Terakhir, menggunakan buku digital. Buku psikologi yang memiliki format digital biasanya mempunyai harga yang cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan buku cetakan kertas. Buku digital ini bisa Anda buka melalui berbagai macam perangkat mulai dari PC hingga tablet. Untuk bentuknya, biasanya ia memiliki format PDF. Bagaimana jika tidak nyaman terus menatap PC atau tablet? Jika Anda kurang nyaman dengan cara belajar yang demikian, Anda bisa merangkum hal-hal penting di dalam buku, jadi sembari merangkum, Anda juga akan belajar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *