5 Langkah Pengobatan Jerawat Batu Agar Tidak Meninggalkan Bekas

Jerawat pada dasarnya memang menjadi masalah kulit yang pastinya dialami oleh hampir semua orang, baik itu pria maupun wanita, apalagi memasuki usia remaja, dimana kala itu hormonal akan mulai berubah, sehingga memunculkan kondisi kulit yang berjerawat, hal ini bahkan tidak hanya terjadi pada wajah saja, melainkan juga mungkin tumbuh di bagian yang lain seperti diantaranya adalah punggung, sehingga menyebabkan rasa yang kurang nyaman. Pada dasarnya jerawat ini merupakan sebuah kondisi dimana pori-pori kulit dihinggapi oleh bakteri dan menyebabkan terjadinya peradangan.

Namun yang sering kali dijumpai jenis jerawat ini sendiri juga terbilang cukup banyak atau bervariatif, mulai diantaranya yang ukurannya kecil-kecil atau yang dikenal sebagai jerawat pasir. Hingga yang paling menganggu adalah jerawat batu. Jerawat batu adalah jerawat yang memiliki ukuran cukup besar, disebabkan oleh terjadinya penyumbatan sel kulit mati dan bakteri yang terperangkap di dalamnya pori-pori tersebut, hal ini menyebabkan terjadinya peradangan yang cukup parah dan menimbulkan rasa sakit ketika disentuh. Bahkan meskipun sudah sembuh, maka jerawat ini akan tetap meninggalkan bekas yang besar.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan munculnya jerawat batu tersebut, diantaranya mulai dari genetik, kemudian juga bisa jadi disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan wajah atau sejenisnya. Agar nantinya jerawat tersebut lebih cepat sembuh dan tidak meninggalkan bekas, maka berikut ini solusi mengatasinya, yaitu:

5 Langkah Pengobatan Jerawat Batu Agar Tidak Meninggalkan Bekas

  1. Konsumsi antibiotik, umumnya mereka yang melakukan konsultasi ke dokter untuk pengobatan jerawat satu ini akan diresepkan sebuah obat antibiotik yang bisa bekerja dari dalam untuk mengatasi masalah tersebut, dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat batu. Namun konsumsi obatnya harus dilakukan secara rutin agar cepat sembuh.
  2. Menggunakan krim wajah yang mengandung senyawa retinoid dan juga vitamin A, selanjutnya untuk pengobatan luar yang bisa mengatasi masalah tersebut adalah dengan memakai krim dengan kandungan retinoid yang secara efektif dapat bekerja untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga tidak muncul lagi.
  3. Mengkonsumsi isotretinoin, ini juga termasuk obat oral yang sering kali diresepkan dokter untuk mereka yang mengalami masalah kulit berjerawat. Hanya saja bekerja cukup lama, namun secara aktif benar-benar mencegah munculnya jerawat batu dan juga mengobatinya, biasanya dikonsumsi sekali atau dua kali setiap harinya dalam kurun waktu 5 bulan.
  4. Menghindari beberapa jenis bahan makanan, jerawat tersebut juga dapat muncul karena konsumsi produk makanan tertentu, apalagi bagi kalangan yang memang agak sensitif, sehingga terkadang seperti alergi ketika mengkonsumsi makanan layaknya produk susu, makanan yang mengandung cokelat, kacang maupun kafein maka bisa menjadi faktor pemicu munculnya jerawat batu dan membuatnya sulit untuk sembuh.
  5. Cukup istirahat dan jauhi stress, faktanya bahkan orang-orang yang tidak memiliki genetik kulit berjerawat juga bisa muncul jerawat, salah satu alasannya adalah karena stress, ketika tubuh stress maka akan membuat produksi hormon yang ada di dalam tubuh juga menjadi kacau, sehingga masalah jerawat ini juga akan rentan sekali muncul.
  6. Selalu menjaga kebersihan wajah, tak ada yang lebih penting selain menjaga kebersihan wajah, segera mencuci wajah setelah menggunakan make up, jangan lupa juga untuk membersihkan setiap sarana yang Anda gunakan, entah itu masker, helm atau peralatan make up untuk menghindari munculnya jerawat.

 

Dengan demikian jerawat akan lebih mudah sembuh dan tidak meninggalkan bekas.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *