Aneka Hidangan Dengan Bumbu Jeruk Nipis

Buah Jeruk merupakan buah dengan cita rasa asam yang segar. Buah yang memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan ini selain sebagai buah yang dipakai dalam campuran minuman, juga sering digunakan sebagai bahan dan bumbu makanan. Jenis Jeruk yang sering digunakan sebagai bumbu ialah jeruk nipis atau nama latinnya citrus auratifolia. Jeruk dengan jenis ini memiliki rasa yang lebih kecut dan pahit dari jenis jeruk lainnya. Maka dari itu hanya sekali peras, rasanya langsung keluar.

Ada banyak hidangan yang menggunakan bumbu berbahan jeruk. Rata-rata jeruk nipis menjadi penambah rasa dan menghilangkan aroma amis pada masakan. Hidangan yang menggunakan jeruk antara lain :

  1. Tom Yum: Masakan asal Thailand berbumbu pedas dengan isi seafood segar berupa udang dan cumi. Biasanya jeruk dicampurkan dengan jumlah yang lumayan untuk menguatkan rasa asam dan menghilangkan aroma amis.
  2. Sup Ikan: Sup Ikan juga menjadi hidangan yang biasanya mengandung bumbu perasan jeruk. Sama seperti hidangan lainnya, di sini jeruk bertugas untuk menghilangkan aroma amis ikan. Ikan yang direbus jauh lebih amis dibandingkan ikan yang digoreng.
  3. Soto: Masakan yang menggunakan jeruk sebagai bumbu lainnya adalah soto. Bumbu kuning pada soto dan campuran santan akan membuat kita mudah menjadi eneg. Maka dari itu sangat disarankan untuk meneteskan jeruk ke mangkuk soto.
  4. Ayam Berbumbu Lemon: Ayam dengan bumbu lemon juga sangat terkenal dan bisa kita temui di banyak restoran. Sajian ayam dengan bumbu jeruk tersebut sangat pas karena kulit ayam yang berlemak.
  5. Aneka Sambal: Sambal juga menjadi hidangan yang sering dicampur dengan jeruk karena akan memberi cita rasa yang lebih nikmat.

Masih banyak hidangan yang menjadikan jeruk nipis sebagai bumbu. Untuk menghilangkan lemak dan sisa minya di piring bekas makanan atau menaruh masakan, Anda bisa menggunakan Sunlight sebagai sabun pencuci piring yang tepat dan membantu menghilangkan lemak dan minya di peraltan makan mau pun peralatan masak Anda.

Artikel lainnya : Jeruk Nipis Mungil Tapi Banyak Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *