Apa Peran dan Fungsi Keluarga Bagi Anda ?

Keluarga adalah anugerah yang diberikan oleh Tuhan pada setiap manusia. Keluarga merupakan susunan individu yang terikat berdasarkan hubungan darah, ikatan perkawinan atau keturunan. Keluarga terdiri dari orang tua dan anak. Hubungan keluarga yang erat bisa menentukan berbagai hal dalam kehidupan sehingga keluarga perlu diutamakan daripada kepentingan pribadi dan lainnya. Karena itulah semua orang pasti selalu mengutamakan kepentingan keluarga mengingat betapa pentingnya fungsi dari keberadaan keluarga. Jadi, memahami seperti apa fungsi keluarga perlu dilakukan untuk menanamkan pentingnya kehadiran keluarga dalam hidup Kita.

Fungsi keluarga terdiri dari beberapa macam hal. Berikut ini beberapa fungsi dari keluarga berdasarkan poin-poinnya, yaitu:

  • Fungsi biologis, untuk meneruskan keturunan.
  • Fungsi agama, untuk menanamkan sisi religi dan kepercayaan kepada Tuhan.
  • Fungsi sosial, untuk mengenal lingkungan sekitar dan mencintai alam.
  • Fungsi psikologis, untuk berbagi kebahagiaan, melindungi dan berbagi kasih sayang.
  • Fungsi ekonomi, untuk memenuhi kebutuhan bersama dari segi finansial.
  • Fungsi pendidikan, untuk mendapatkan ilmu yang berharga.

Semua fungsi di atas hanya bisa terealisasi apabila hubungan antar anggota keluarga terjalin dengan baik dan maksimal. Untuk menciptakan hubungan keluarga yang bahagia, Kita perlu membangun interaksi dan menjaga komunikasi yang berkualitas. Meluangkan waktu untuk kumpul bersama di sela-sela aktivitas setiap harinya dapat dijadikan momen berharga untuk membina hubungan yang lebih intens dan menciptakan kedekatan. Semakin tinggi intensitas komunikasi yang dibangun dalam rumah tangga, semakin besar pula manfaat dan fungsi keluarga yang didapatkan. Hubungan interaksi dan komunikasi yang lancar menjadi modal utama yang dapat mewujudkan keharmonisan dalam sebuah keluarga.

Karena itulah Sariwangi perlu dihadirkan untuk menemani setiap momen kumpul keluarga. Rasa tehnya yang hangat dan menenangkan membuat suasana kebersamaan saat kumpul akan semakin terasa. Kelancaran komunikasi, kedekatan hubungan yang semakin erat dan interaksi yang dibangun dalam keluarga menjadi lebih baik dan mengalami peningkatan. Apabila hal ini dilakukan secara rutin dan disadari oleh semua anggota keluarga sebagai suatu hal yang penting, maka rasakanlah seperti apa fungsi keluarga dan kebahagiaan yang sebenarnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *