Daftar Buah Sebagai Makanan untuk Diabetes yang Boleh Dikonsumsi

Banyak yang menganggap jika buah tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah sering dilarang untuk dikonsumsi penderita karena rasa manis dari buah yang memiliki kandungan gula. Padahal rasa manis serta unsur glukosa dalam buah yang berasal dari gula alami yang memiliki indeks glikemik rendah. Indeks glikemik ini menunjukkan seberapa cepat makanan dikonsumsi mempengaruhi kadar gula dalam tubuh. Selain itu, yang menjadikan buah sebagai makanan untuk diabetes ialah buah memiliki kandungan sumber vitamin alami, mineral serta yang memiliki peran penting sebagai metabolisme tubuh.

Buah adalah sumber karbohidrat yang lebih baik secara kuantitas dibandingkan dengan bahan makanan lain seperti sayuran. Keunggulan yang lain ialah rendahnya lemak serta sodium yang berada di buah-buahan. Meskipun terdapat pengecualian yakni avokad, karena buah avokad mempunyai kandungan lemak tinggi.

Baca juga Tips Tepat Menjaga Kadar Gula Darah Normal dan Stabil

Buah memang memiliki kandungan manis, sehingga banyak yang menganggap jika buah bukan merupakan makanan untuk penyakit diabetes. Padahal ada banyak buah yang baik dikonsumsi untuk penderita karena dapat menaikkan level gula darah dengan melambat. Hal ini bisa membantu tubuh menjadi jauh lebih baik untuk mengelola perubahan makanan ketika sudah makan.

Berikut ini merupakan daftar buah yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan, antara lain:

  1. Strawberry. Buah ini mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi. Strawberry baik dikonsumsi tanpa diolah untuk mendapatkan vitamin C. Selain itu manfaat lain dari strawberry ialah kemampuannya untuk dapat membersihkan noda di gigi,
  2. Ceri. Kalsium yang tinggi serta kandungan antioksidan memang membuat ceri sangat baik dijadikan diet untuk penderita diabetes. Karena kandungan yang berada di atas, ceri memberi dampak positif untuk kekebalan tubuh penderita, bahkan buah ceri kaleng bisa dijadikan sebagai hiasan kue tart dan masih dianggap aman dikonsumsi untuk penderita diabetes asalkan tidak diberi tambahan gula,
  3. Apel. Apel memiliki kandungan yang rendah kalori namun tinggi karbohidrat, bahkan ia juga kaya akan asupan serat serta sumber vitamin C bahkan kulit buah apel juga memiliki kandungan kaya antioksidan,
  4. Pir. Pir memiliki kandungan rendah karbohidrat, selain itu pir merupakan sumber makanan yang di dukung dengan tingginya kalium serta kadar serat. Hal ini cukup membuat pir sebagai sebuah pilihan diet untuk diabetes. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, menambahkan pir dalam salad juga sangat menyehatkan,
  5. Jeruk. Jeruk merupakan sumber makanan yang kaya dengan kandungan vitamin C.

Walaupun buah-buahan tersebut baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, namun usahakan mengkonsumsinya tanpa ditambah gula. Konsumsi buah yang segar, beku dan tanpa pemanis. Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan untuk diabetes yang memiliki rasa manis, Anda tidak perlu cemas. Anda dapat mengganti gula Anda dengan Tropicana.

sumber : http://www.tropicanaslim.com/siapa-bilang-penderita-diabetes-tidak-boleh-makan-buah/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *