Buku Sekolah Elektronik, Upaya Pemerintah Dalam Memajukan Pendidikan Menggunakan Buku Online Atau E-Book

Pemerintah sedang gencar-gencarnya memberikan kemudahan bagi para murid di dalam negeri seperti yang kita tahu buku-buku pelajaran yang sekarang beredar memiliki harga yang tidak murah, program pendidikan yang dapat mempermudah dalam pembelajaran para murid adalah buku onlineĀ atau E-book. Buku adalah sarana penting dalam dunia pendidikan sehingga peran buku sangat penting didunia pendidikan, upaya pemerintah dalam mengatasi kendala yang di temukan mengenai buku adalah langka nya ketersediaan buku yang memenuhi standar pembelajaran nasional oleh karena itu pemerintah mengeluarkan program BSE. Buku Sekolah Elektronik atau di singkat BSE adalah program yang di keluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional Indonesia dengan menyediakan buku Online yang bertujuan untuk mempermudah pembelajaran di tingkat pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK dan buku yang di kemas dalam bentuk elektrik ini adalah cetakan buku asli yang sudah mendapat lisensi dari penerbit aslinya.

Dengan adanya buku online ini di tengah-tengah pendidikan menjadi suatu kemajuan yang baik bagi pendidikan itu sendiri, murid diajarkan menggunakan perangkat elektronik demi mengikuti perkembangan jaman yang semakin hari semakin modern. beberapa sekolah di Indonesia sudah menerapkan sistem buku elektronik ini dengan menggunakan perangkat komputer yang tersedia di sekolah serta membantu para murid yang terkadang tidak mampu membeli buku fisik yang umumnya mempunyai harga yang tidak murah. para orang tua murid pun sangat terbuka menerima sistem pembelajaran yang memakai buku Online tersebut sebagai bahan pembelajarannya karena dapat menghemat biaya para orang tua tentunya.

Mengikuti perkembangan jaman memang di perlukan agar kita tidak tertinggal namun apakah metode seperti buku Online dapat benar-benar sepenuhnya maksimal? sebenarnya banyak kendala yang di temukan di lapangan seperti kurang nya fasilitas yang menunjang buku Online ini seperti, perangkat komputer dan internet karena tidak semua fasilitas itu tersedia di beberapa sekolah dalam negeri. Sekolah yang berlokasi di tempat terpencil pun menjadi kendala yang harus diperhatikan di karena kan sulitnya akses dan jarak tempuh yang jauh menjadikan beberapa sekolah di tempat terpencil ini tertinggal. jangankan untuk merasakan membaca buku Online terkadang fasilitas yang seharusnya ada seperti meja dan bangku saja banyak yang tidak layak, bahkan ada beberapa daerah yang tidak di jangkau oleh listrik yang menyulitkan menggunakan metode pembelajaran menggunakan buku Online ini.
solusi dari masalah di atas sebenarnya sering menjadi pokok bahasan yang sering di bicarakan, lalu langkah apa selanjutnya dari pemerintah untuk memberikan fasilitas yang layak dan mengenalkan bBuku Sekolah Elektronik, Upaya Pemerintah Dalam Memajukan Pendidikan Menggunakan Buku Online Atau E-Bookuku elektronik ini kepada tempat-tempat terpencil? hal ini mungkin bisa dilakukan seperti mengirim guru atau relawan yang dapat mengajarkan dan mengenalkan buku Online tersebut, asalkan pemerintah memberikan fasilitas yang layak ke tempat-tempat terpencil.

 

Meski buku Online ini dapat di unduh secara gratis pemerintah juga membolehkan beberapa pihak untuk menjualnya dengan satu syarat harga yang buku Online yang akan di jual tidak boleh melebihi harga yang sudah di tentukan oleh Menteri Pendidikan Nasional. tentu saja ini menjadi dapat mempermudah siapa saja mendapatkan buku yang di inginkan dengan harga yang relatif murah. dengan begitu siapa saja dapat mendapatkan buku fisik yang biasanya mahal menjadi murah hanya saja bentuk bukunya berbeda bisa berupa file yang di salin ulang dan di jual kepada orang-orang yang membutuhkan yang tidak memiliki fasilitas seperti telepon pintar atau perangkat komputer. atau kita juga bisa mengunduh dan memperbanyak salinan dari beberapa buku pelajaran untuk di bagikan kepada kalangan yang tidak mampu atau memberikannya kepada anak-anak jalanan yang putus sekolah dengan harapan mereka dapat membacanya.

Program lanjutan dari dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia Adalah Buku Sekolah Digital atau disingkat BSD yang merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan 2000 buku yang dapat kamu unduh secara gratis. kamu dapat mengunduh aplikasi lalu menyimpannya di telepon pintar kamu sehingga kamu bisa membuka berbagai macam buku pelajaran dimana saja dan aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store, App Store dan Window Store kamu hanya perlu mengunduhnya kemudian dapat di baca dengan cuma-cuma. jadi kamu tidak perlu membawa buku yang memiliki beban yang cukup berat kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi ini di telepon pintar kamu.

Begitu banyak manfaat dan kemudahan membaca buku melalui buku online atau e-Book yang di berikan pemerintah dalam memajukan pendidikan di indonesia hanya saja terkadang ada beberapa kendala dan hal yang tidak sesuai dan fakta yang berbeda di lapangan. ini menjadi pekerjaan rumah yang harus di benahi pemerintah agar program ini dapat di terima oleh seluruh murid di indonesia bahkan sampai ke pelosok sekalipun.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *