Manfaat Minum Susu Hamil, dan Cara Memilihnya

Ketika seorang ibu sedang hamil, banyak orang yang akan menyarankannya untuk mengkonsumsi susu hamil. Ini bukanlah hal yang asing, karena di pasaran, Anda akan menemukan berbagai brand susu untuk ibu hamil yang terkenal. Susu seperti Susu Lactamil bahkan memiliki susu khusus untuk ibu yang mual-mual dengan nama Lactamil Inisis. Tapi apa sebenarnya manfaat minum susu hamil tersebut?

Manfaat minum susu ibu hamil sebenarnya ada sangat banyak, dan akan dirasakan oleh sang ibu maupun janin yang dikandungnya. Untuk sang ibu sendiri, manfaatnya adalah:

  • Meredakan mual karena morning sickness. Meminum Susu Lactamil Inisis yang dingin akan membuat Anda merasa lebih baik, dan bisa mengatasi maag dan masalah pencernaan.
  • Melengkapi cairan yang diperlukan tubuh sehingga Anda tidak dehidrasi, sambil sekalian menerima kandungan nutrisi di dalam susu.
  • Menghindarkan ibu hamil dari macam-macam gangguan kehamilan.
  • Sumber energi yang membuat tubuh ibu menjadi lebih kuat untuk menghadapi kehamilan.
  • Memberikan sumber zat besi agar menguatkan ibu di saat persalinan nanti serta membantu membentuk ASI.

Sedangkan bagi janin yang dikandungnya, susu ibu hamil akan memberikan manfaat berikut:

  1. Protein, untuk membentuk darah, air ketuban, membentuk jaringan otot janin, serta menjadi antibody bagi ibu dan janinnya.
  2. Kalsium, menjadi pembentuk tulang serta gigi janin. Bagi sang ibu, kalsium bisa melancarkan produksi ASI.
  3. Asam folat, membantu membentuk organ dalam bayi, terutama otak dan tulang belakang, dan mencegahnya lahir cacat.
  4. Vitamin D, berguna untuk membentuk jaringan sel serta tulang belakang janin, dan mencegah bayi yang bobotnya rendah.
  5. AHA serta DHA, merupakan nutrisi yang akan membantu menyusun sel otak janin serta membantu produksi ASI.

Seperti yang Anda lihat di atas, manfaat minum susu hamil sangatlah banyak dan beragam. Ibu hamil yang melakukannya akan memiliki tubuh yang lebih sehat, janin yang tumbuh dengan lebih baik, dan juga akan lebih mudah untuk melahirkan karena kandungan nutrisi di dalam susu yang membantu sang ibu melewati proses bersalin. Jadi jika Anda ada kesempatan, minumlah susu!

4 Pertimbangan Memilih Susu Hamil dengan Mutu Terbaik

meminum susu ibu hamil

Tak bisa dipungkiri bahwa wanita yang tengah hamil memang membutuhkan asupan nutrisi, dua kali lebih besar dibandingkan dengan wanita normal. Karena bukan hanya diri Anda sendiri saja yang harus mencukupi kebutuhan akan makan, melainkan lebih besarnya dialokasikan pada janin yang tengah dikandung. Mereka membutuhkan zat-zat nutrisi secara cukup dalam membantu pertumbuhannya agar lahir secara sempurna. Sehingga tak jarang pula wanita hamil yang menambah asupan nutrisi dari susu hamil yang dijual di pasaran.

Produk susu yang satu ini agaknya memang berbeda dengan susu pada umumnya, ia memiliki kandungan gizi yang jauh lebih lengkap. Rasa yang juga lebih nikmat, apalagi untuk memenuhi kebutuhan wanita hamil trimester pertama, karena banyak diantaranya yang memiliki masalah dengan nafsu makan, karena gejala mual dan muntah sering kali datang tiba-tiba. Produk susu ibu hamil di pasaran jika dilihat juga tak hanya satu merk, melainkan lebih dari itu. Mulai dari buatan lokal hingga susu import dari liar negeri.

Merk yang sangat bervariasi tak jarang memang diantaranya yang membuat konsumen menjadi bingung ingin pilih yang mana, apapun pilihan Anda sebaiknya tetap dengan mempertimbangkan kriteria susu terbaik bagi wanita hamil berikut ini, yaitu:

  1. Kandungan gizi lengkap, beberapa jenis senyawa yang sangat dibutuhkan bagi janin untuk terus berkembang seperti AA, DHA dan juga asam laktat wajib ada dalam susu ini, dengan jumlah yang juga sangat tinggi. Apapun pilihan susu Anda maka pastikan untuk melihat kandungan gizi yang tertera pada label kemasan produk. Lihat juga berapa prosentase jumlah yang ada didalamnya, sesuai dengan kebutuhan wanita hamil.
  2. Bahan atau kandungan yang aman, banyak diantara Anda yang mungkin memiliki resiko alergi pada beberapa jenis bahan tertentu, agar tak mengalami hal serupa. Maka lihat terlebih dahulu komposisi bahan yang ada di dalamnya. Ada tidaknya beberapa jenis bahan yang berpotensi memicu terjadinya alergi.
  3. Pilih rasa yang tak membuat mual, khususnya adalah wanita di akhir trimester pertama dan menginjak trimester kedua, gejala yang sering kali dialami adalah rasa mual dan muntah. Pertimbangan rasa sangatlah penting untuk menekan gejala tersebut, seperti dengan memilih susu rasa buah-buahan segar.
  4. Harga dan juga ukuran, membandingkan antara harga dengan ukuran sangat penting, untuk melihat apakah susu yang Anda jadikan sebagai pilihan tersebut sebenarnya masih dalam kategori murah atau tidak.

Cukup dengan konsumsi 2 gelas saja perhari, maka sudah mencukupi kebutuhan nutrisi bayi yang tengah Anda kandung. Semua kriteria susu hamil terbaik ada pada Lactamil, tentu sudah tak asing dengan nama yang satu ini bukan, mengingat ada banyak ibu hamil di Indonesia yang menjadikannya pilihan utama kecukupan nutrisi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *