Melihat Keunikan Hari Raya Idul Fitri Lebaran di Indonesia

promo ramadhan

Tiap setahun sekali umat Islam merayakan hari raya yang kerap dimaksud dengan Lebaran di Indonesia. Berlebaran atau berhari raya di Indonesia cukup unik serta begitu meriah. Merayakan hari raya Islam di Indonesia begitu meriah, bahkan juga lebih meriah dibanding di negara Islam manapun. Kebiasaan serta kebudayaan dan agama berhimpun jadi satu hingga terwujud keselarasan serta kekhasan yang begitu riil.

Umat Islam di Indonesia merayakan 2 x Lebaran yakni Idul Fitri serta Idul Adha. Hari raya Idul Fitri lebih di kenal dengan hari raya umum, sedang hari raya Idul Adha kerap dimaksud dengan hari raya kurban. Dua hari raya ini dirayakan dengan begitu meriah di Indonesia. Untuk tahu lebih dalam lagi apakah itu hari raya Idul Fitri, di sini akan diterangkan dengan lengkap.

Arti Lebaran Hari Raya Idul Fitri

Hari raya Idul Fitri kerap dimaksud dengan Lebaran. Idul Fitri dirayakan oleh umat Islam sesudah 30 hari berpuasa. Perayaan hari raya Idul Fitri sendiri jatuh pada tanggal 1 Syawal th. hijriah. Walaupun sebelum itu umat islam harus melewati bulan Ramadhan sebelum pada akhirnya sampai di hari kemenangan tersebut. Di Indonesia sendiri perayaan hari raya Idul Fitri dapat disebut begitu meriah, tiap-tiap daerah memiliki kebiasaan yang tidak sama. Meskipun sekian, arti Lebaran Idul Fitri tetaplah sama dalam Islam. Idul Fitri dimaknai sebagai hari di mana umat manusia terlahir kembali dalam kondisi suci. Hal semacam ini karena pada hari itu semuanya dosa diampuni oleh Allah SWT.

Perayaan Lebaran Idul Fitri sendiri memiliki arti yang begitu mendalam untuk umat Islam. Hari raya Idul Fitri kerap juga dimaksud dengan hari kemenangan. Hal semacam ini karena pada hari itu umat Islam merayakan kemenangannya sesudah lebih kurang 30 hari puasa menahan semuanya udara nafsu. Tak salah bila pada hari raya Idul Fitri umat Islam merayakannya dengan suka ria serta kemeriahan.

Terkecuali memiliki arti kemenangan, Idul Fitri juga memiliki arti sebagai hari kesucian. Hal semacam ini karena ketika Lebaran Idul Fitri manusia kembali suci seperti bayi yang baru lahir. Pada hari itu, semuanya dosa umat manusia diampuni oleh Allah SWT. Satu diantara kebiasaan ketika hari Idul Fitri yaitu bermaaf-maafan. Kebiasaan ini tidaklah sebatas kebiasaan tanpa ada arti, bermaaf-maafan saat hari raya Idul Fitri memiliki arti yang begitu mendalam.

Dengan bermaaf-maafan, jadi manusia akan kembali suci bukan sekedar dari dosa pada Allah namun juga dosa pada sesama manusia. Tak terlalu berlebih bila ketika Lebaran Idul Fitri dirayakan dengan penuh suka ria. Di hari raya Idul Fitri ini kebanyakan orang bersuka cita serta silaturrahmi yang pernah terputus akan tersambung lagi. Untuk memperoleh kemenangan yang prima jadi bukan sekedar bermaaf-maafan saja namun umat Islam juga harus untuk membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah ini adalah keharusan umat Islam yang perlu di keluarkan tiap-tiap tahunnya. Tiap-tiap orang harus keluarkan zakat fitrah. Besarnya zakat fitrah yaitu 2, 5 kg beras maupun bahan makanan yang semacam. Di Indonesia sendiri, zakat fitrah umumnya dikelola oleh instansi amil zakat maupun masjid. Zakat fitrah sendiri dapat dibayarkan optimal sebelumnya menunaikan beribadah sholat Ied. Tetapi saat paling baik dalam keluarkan zakat fitrah yaitu malam Lebaran.

Satu diantara kekhasan hari raya Idul Fitri di Indonesia yaitu dalam pemilihan tanggal Lebaran. Sama juga dengan negara lain, Indonesia memakai cara ru’yatul hilal serta hisab untuk memastikan hari raya Idul Fitri. Tetapi terdapat banyak grup spesifik di Indonesia yang telah memastikan hari raya Idul Fitri sendiri sesuai sama cara hisab yang dikerjakan. Tak salah bila di Indonesia kerap berlangsung ketidaksamaan hari raya Idul Fitri antar grup spesifik. Meskipun sekian, kerukunan umat Islam di Indonesia tetaplah terbangun dengan baik.

Lebaran Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang perlu disambut dengan suka ria serta meriah. Tetapi butuh di perhatikan dalam merayakan hari raya pastinya tak bisa terlalu berlebih. Hal semacam ini karena Allah tak suka pada umatnya yang terlalu berlebih. Kebiasaan yang ada di Indonesia ketika hari raya benar-benar sangat bermacam. Sebagai umat Islam, kita mesti menghargainya serta menjaganya dengan baik. Diluar itu, arti hari raya Idul Fitri mesti dipahami dengan benar.

Namun dengan kesederhanaan tentunya kita tetap bisa menyambutnya, seperti yang dilakukan para pelaku toko online di Indonesia, biasanya memberikan. Seperti promo berkah Ramadhan dari Bhinneka.Com.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *