Mengenal Lebih dalam Mengenai Sistem Kerja Kopling Pada Mobil Manual

Kopling merupakan salah satu panel didalam mobil, yang biasanya menjadi fokus utama ketika seseorang mengendarai mobil seperti mimin modifmobi.com pada medan tertentu. Salah satu bagian ataupun panel pada mobil ini, biasanya dapat Anda temukan pada jenis mobil yang memiliki sistem transmisi manual. Bagian ini sendiri secara umum berfungsi sebagai alat pemindah transmisi pada mesin, dimana sistem transmisi ini akan dapat mengubah kecepatan dari mesin, sesuai dengan kehendak para pengemudi mobil itu sendiri. Alat ini sendiri memiliki bagan yang terhubung secara langsung dengan poros gigi transmisi, sehingga ketika seorang pengemudi mobil akan memindahkan kecepatan mobil mereka, maka terlebih dahulu mereka harus menginjak pedal kopling untuk dapat melakukan pemindahan kecepatan dengan halus.

Panel penting dalam mobil bertransmisi manual ini sendiri, memiliki beberapa bagian komponen penting didalamnya, dimana setiap komponen memiliki sistem kerja yang saling berkaitan, sehingga mampu membentuk sistem pemindahan transmisi dengan halus dan sempurna. Tidak hanya saling terkait, setiap bagian pada kopling ini juga akan membentuk sistem pemindahan transmisi secara bertahap dan bertingkat, tanpa adanya slip ataupun sendatan pada pemindahan transmisi tersebut. Sistem pemindahan ini, juga akan dilakukan dengan cepat dan sempurna.

Berikut ini gambaran sistem kerja dari kopling mobil manual, yang secara umum akan dikelompokkan dalam dua sistem kerja yang berbeda, diantaranya adalah:

Mengenal Lebih dalam Mengenai Sistem Kerja Kopling Pada Mobil Manual

• Sistem kerja ketika pedal pada kopling di injak
Pada saat pengemudi mobil menginjak pedal kopling, maka tuas pembebas akan menekan bagian pembebas pada bearing ke arah depan, dan secara langsung akan menekan spring dan pegas, dimana tekanan pada pegas ini akan dapat mengungkit bagian penekan plate, sehingga plat pada kopling akan terbebas, dimana hal ini akan membuat putaran mesin dari mobil tidak akan dilanjutkan ke sistem transmisi yang berjalan, dan Anda dapat mengubah ke sistem transmisi lainnya sesuai dengan kebutuhan kecepatan.

• Sistem kerja ketika pedal pada kopling dilepaskan
Ketika para pengemudi mobil manual melepaskan pedal kopling maka tuas pembebas akan berada pada posisi awalnya kembali, sehingga penekanan pada bagian lain pun tidak akan terjadi, dimana hal inilah yang menyebabkan kerja ataupun sistem putaran pada mesin akan terus dijalankan pada sistem transmisi yang telah diubah sebelumnya.

Dengan memahami sistem kerja dari kopling mobil tersebut diatas, maka secara langsung ataupun tidak langsung, kita dapat mengetahui cara memindahkan sistem transmisi dengan tepat dan halus, sehingga sistem mengemudi yang aman pun dapat kita lakukan dengan mudah. Kenalilah kembali tingkatan transmisi dan kecepatan yang dapat dihasilkan pada sistem transmisi terkait, agar nantinya Anda dapat mengemudikan mobil yang Anda miliki dengan kecepatan yang Anda butuhkan, tanpa merusak panel yang terkait dengan hal tersebut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *