Tips berkendara saat sedang letih dan mengantuk

Berkendara jarak jauh menggunakan mobil memang memiliki tantangan tersendiri. Apalagi kalau rute yang akan di lewati tersebut merupakan rute yang rawan macet dan juga memiliki akses jalan yang kurang bagus. Sehingga akan semakin membuat resiko kelelahan pun semakin besar. Jika sudah merasa lelah dalam melakukan perjalanan, biasanya akan semakin mudah pula untuk mengantuk.  Namun memang sebaiknya jika anda mengantuk, jangan sampai memaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Karena memang sangat berbahaya sekali jika anda tetap memaksakan untuk melanjutkan perjalanan namun dalam kondisi yang lelah dan juga mengantuk. Berikut ini kami akan membagikan beberapa tips ketika anda berkendara dan sedang merasa letih serta mengantuk, diantaranya yaitu :

1. Cari lokasi yang aman

Ketika ingin memutuskan untuk beristirahat saat sedang mengantuk dan juga letih. Sebaiknya anda mencari lokasi yang aman terlebih dahulu untuk istirahat atau memarkirkan mobil anda. Pilih lokasi yang memang berada di keramaian, seperti tempat ibadah, SPBU, mini market, restoran, mall , rest area dan yang lainnya. Jadi anda bisa beristirahat dengan nyaman.

2. Hindari tempat yang beresiko

Tips selanjutnya ketika sedang merasa letih dan juga mengantuk saat sedang mengemudi. Jangan pilih tempat yang memiliki resiko. Seperti istirahat di pinggir jalan atau di tempat yang lokasinya sepi. Karena akan sangat berbahaya sekali. Selain bisa tertabrak oleh mobil lain, anda juga bisa mengalami resiko perampokan atau pencurian.

3. Sembunyikan barang berharga

Kalau anda ingin beristirahat saat sedang berkendara. Jangan lupa untuk menyimpan atau menyembunyikan berbagai macam barang berharga  yang dimiliki. Mulai dari dompet, hp, dan yang lainnya. Jangan sampai barang tersebut mudah terlihat dari luar. Sebaiknya anda simpan saja di dalam laci mobil, atau dibawah kursi. Bisa juga anda bawa ketika sedang beristirahat di rest area. Supaya menghindari terjadinya pencurian.

4. Buka jendela mobil

Ketika akan beristirahat didalam mobil, jangan lupa untuk membuka jendela. Supaya ada sirkulasi udara. Namun sebaiknya buka saja jendeala tidak lebih dari 2 jari anda.

5. Matikan mesin dan AC

Mematikan mesin dan juga AC sangat penting sekali ketika anda sedang memarkirkan kendaraan untuk istirahat sejenak. Karena akan sangat berbahaya sekali jika mesin mobil dan AC hidup namun penumpang atau pengemudi sedang tertidur didalamnya, dan bisa menimbulkan terjadinya racun gas monooksida.

6. Kunci semua pintu

Ketika sedang mengantuk dan ingin istirahat sejenak di dalam mobil, mengunci pintu pun menjadi salah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan. Agar lebih aman dan terhindar dari kejahatan.

Semoga tips yang sudah dibagikan ini bermanfaat, dan kalau anda ingin mendapatkan berbagai macam artikel menarik lainnya mengenai otomotif, langsung kunjungi saja situsnya di otoupdates.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *