Tips Mengenali Wine yang Bagus, Bukan Sekedar Harga Wine

Harga wine tidak murah, itu jelas. Di Indonesia, wine bisa dijual mulai dari kisaran harga ratusan ribu Rupiah hingga bahkan puluhan juta Rupiah, tergantung jenis, merk, dan dari mana anggur tersebut diimpor. Tetapi apakah semakin mahal harganya berarti semakin bagus kualitasnya? Bagaimana caranya supaya bisa mengenali minuman anggur yang mutunya bagus?

Jika Anda ragu bagaimana bisa mengenalinya, bukalah anggur tersebut, dan perhatikan tips berikut ini:

  • Aroma
    Sebelum meminum anggur, putar gelasnya perlahan-lahan, hirup aroma yang keluar. Jika Anda mencium aroma buah atau bunga, ini tanda awal kualitas.
  • Keseimbangan komponen
    Dalam arti, ketika Anda mencium aroma dan merasakannya, semua komponen di dalamnya, keasaman, alkohol, buah, dan tannin, bisa Anda rasakan dan tidak ada yang menguasai.
  • Kedalaman rasa
    Minum pelan-pelan anggur tersebut. Adakah yang bisa Anda rasakan selain rasa anggur? Mungkin ada rasa coklat, sedikit kacang, dan berbagai lapisan rasa yang lain.
  • After taste
    Setelah Anda menelan wine tersebut, berapa lama rasanya bertahan di lidah Anda? semakin lama rasa bertahan di lidah, semakin high quality anggur tersebut.

Itulah bagaimana caranya supaya Anda bisa membedakan wine yang berkualitas dan tidak. Jika salah satu komponennya sudah tidak ada, maka anggur tersebut bukanlah anggur yang terlalu bagus, meski Anda mungkin menyukai rasanya. Harga wine di indonesia tidak selalu menjamin mutunya, tetapi dari tempat asalnya, cara pembuatannya, dan tentu saja, memiliki ciri-ciri di atas.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *