Buku Novel Best Seller Dunia yang Diangkat ke Layar Lebar

Jika Anda adalah penggemar film-film layar lebar box office besutan sutradara terkenal Hollywood, pasti Anda sangat terhibur oleh hasil karya cinematography yang dihasilkan. Baik itu dari segi kecanggihan teknologi yang digunakan untuk membuat adegan seru yang tak masuk akal dan imajinatif bisa terlihat sangat nyata, atau dari segi alur cerita yang disajikan dengan menarik yang membuat Anda tak ingin meninggalkan tempat duduk hingga filmnya selesai. Namun sadar kah Anda, bila ternyata banyak diantara film-film populer itu diangkat dari kisah dalam sebuah buku novel terkenal?

Banyak novel-novel best seller hasil karya penulis terkenal yang kisah didalamnya diangkat ke layar lebar dan menjadi karya film yang masuk dalam jajaran box office. Ada novel terkenal yang memang masih terbilang baru diterbitkan dan mendulang sukses, namun ada juga ternyata karya novel yang telah dibuat bertahun-tahun lalu dan menjadi best seller setelah ceritanya di angkat ke dalam film. Berikut ini adalah daftar buku novel best seller dunia yang kisahnya diangkat ke layar lebar dan menjadi film box office, yaitu diantaranya:

  • Harry Potter karya J.K. Rowling

7 seri novel fantasi Harry Potter dirilis sejak 29 Juni 1997 sampai dengan 21 Juli 2007. Sejak awal dirilisnya sampai seri terakhir, novel ini selalu mampu menangguk keuntungan dan kesuksesan secara komersial, dan mampu memancing apresiasi dan juga kritikan pedas dari para kritikus novel. Kisah novel best seller ini pertama kali diangkat ke layar lebar pada tahun 2001, dengan mengangkat judul Harry Potter and Sorcerer’s Stone, dan langsung masuk kedalam jajaran film box office dunia. Begitu juga 7 film Harry Potter selanjutnya yang dirilis sampai dengan tahun 2011, semuanya mendapatkan tanggapan positif luar biasa dari para penggemar film box office dunia.

  • The Lord Of The Rings karya J. R. R. Tolkien

Novel ini bergenre fantasi epik yang diterbitkan dalam tiga jilid dengan judul The fellowship of The RingThe Two Towers dan The Return of The King mulai tahun 1954 sampai tahun 1955. Karya J.R.R. Tolkien ini adalah merupakan salah satu karya sastra abad ke-20 paling populer yang diterjemahkan kedalam 38 bahasa. Kisah The Lord of The Rings pertama kali difilmkan sebagai karya animasi pada tahun 1978 oleh Ralph Bakshi. Lalu diangkat menjadi karya layar kaca di tahun 1980. Karya sinema terakhir yang akhirnya masuk dalam jajaran film box office adalah trilogi film The Lord Of The Rings yang dirilis tahun 2001, 2002 dan 2003. Film ini disutradarai oleh Peter Jackson dan berhasil memenangkan penghargaan Academy Award.

  • The Da Vinci Code karya Dan Brown

Novel bergenre detektif, thriller dan misteri ini menceritakan tentang kasus yang mengangkat tentang misteri legenda cawan suci pada sejarah kekristenan. Meskipun novel ini mengundang pro kontra dan dikecam secara luas oleh denominasi kristen yang menganggapnya sebagai serangan kepada gereja katolik ini tetap menjadi buku novel terlaris di dunia dengan jumlah penjualan sebanyak 80 juta kopi di tahun 2009 dan telah diterjemahkan dalam 44 bahasa. Filmnya dirilis tanggal 19 Mei 2006 dan diproduksi oleh Columbia Pictures. The Da Vinci Code disutradarai oleh sutradara terkenal peraih Academy Award, Ron Howard. Sejak awal pemutarannya, film ini telah berhasil meraup kesuksesan dan masuk dalam jajaran film box office dunia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *