Perkembangan, Pengertian, Fasilitas Alat Pembayaran

Kian hari penemuan teknologi kian menjamur dimana-mana. Berbagai penemuan teknologi tersebut tentunya dilakukan guna membantu memudahkan aktivitas manusia, seperti misalnya kini sudah hadir google glass, tv digital, smartwatch, hingga adanya pengertian alat pembayaran yang berubah menjadi e-payment atau pembayaran secara elektronik. E-payment mungkin bukan lagi merupakan hal asing terutama bagi masyarakat di negara-negara barat yang sudah jauh lebih maju. Pembayaran dengan sistem seperti ini bahkan sudah diterapkan di banyak fasilitas umum untuk masyarakat, seperti membayara bis, kereta, tagihan bulanan, berbelanja, dan lain sebagainya. Tak hanya di negara maju saja, Indonesia juga kini sudah mulai merambah ke sistem pembayaran e-payment.

Pertumbuhan Pesat Alat Pembayaran di Indonesia

Masyarakat di Indonesia tergolong masyarakat yang aktif di dunia digital dan dunia online. Hal ini bahkan sudah dibuktikan dengan banyak survey dan penelitian yang dilakukan banyak ahli. Salah satu bukti dari semakin banyaknya aktivitas masyarakat Indonesia yang dilakukan di dunia online adalah adanya layanan E-Commerce atau bisnis di dunia online. Banyaknya online shop serta konsumen yang berbelanja secara online tentu menjadi bukti kuat yang menunjukan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat up-to-date yang bergantung pada media baru, media online. Untuk itulah dengan adanya perubahan gaya hidup menuju ke dunia digital ini, maka tentu dibutuhkan perubahan pula dalam sistem transaksi pembayaran, dimana kini pengertian alat pembayaran sudah mulai mengalami perubahan.

Alat Pembayaran e-payment di Indonesia

Adalah sistem pembayaran secara e-payment yang merupakan temuan teknologi yang bermanfaat untuk membantu memudahkan transaksi yang dilakukan secara online. Salah satu aplikasi e-payment yang banyak digunakan adalah Dompetku Plus dari Indosat Ooredoo. Aplikasi satu ini merupakan aplikasi e-payment yang cukup mudah untuk digunakan. Cukup dengan memasukkan alamat email, maka fitur pembayaran online Dompetku Plus bisa langsung digunakan. Dompetku Plus ini langsung terintegrasi dengan rekening, eWallet, dan atau kartu kredit yang dimiliki usernya. Tak perlu khawatir dengan segi keamanan transaksi, dimana Dompetku Plus sudah dibantu dengan adanya fasilitas one time password sehingga pengertian alat pembayaran menjadi lebih aman.

Pengertian Alat Pembayaran Uang Elektronik dan Fasilitasnya

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga kian mengalami perkembangan pesat yang menyebabkan munculnya berbagai temuan yang memudahkan aktivitas manusia. Salah satu penemuan yang bermanfaat adalah adanya fasilitas electronic payment dalam bentuk e-money. pengertian alat pembayaran electronic payment ini sedikit berbeda dengan sistem pembayaran yang biasa. Ketika awalnya kita melakukan transaksi pembayaran secara langsung dengan memberikan uang secara tunai, berbeda halnya dengan electronic payment dimana transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat karena cukup dengan menggunakan kartu saja tanpa perlu membawa uang tunai kemana-mana maka transaksi pembayaran pun bisa dilakukan.

Di negara-negara yang sudah maju, penggunaan electronic payment ini sudah banyak diterapkan dalam berbagai jenis transaksi pembayaran. Misalnya untuk pembayaran tagihan bulanan, tagihan internet, membayar parkir, tol, membayar makanan, shopping, dan berbagai jenis transaksi lainnya. Tak hanya di negara barat saja, Indonesia juga kini mulai banyak menerapkan sistem pembayaran e-payment. Sistem pembayaran seperti ini banyak ditemui di pusat perbelanjaan, parkir, tol, dan lain sebagainya. pengertian alat pembayaran E-payment ini juga ada faktanya sudah mulai familiar di telinga masyarakat Indonesia. Dengan demikian maka sistem pembayaran E-payment diprediksi akan terus mengalami perkembangan di tiap tahunnya.

E-payment yang berbentuk electronic money ini memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik yang pertama adalah alat pembayaran ini diterbitkan berdasarkan nilai uang yang terlebih dahulu disetorkan dari nasabah kepada penerbitnya. Selanjutnya, nilai uang dengan nominal yang dimiliki kemudian disimpan dalam bentuk elektronik, yang tersemat pada chip atau berintegrasi dengan server. Salah satu alat produk e-payment yang terpercaya dan sudah dikenal oleh banyak orang adalah Dompetku plus dari Indosat Ooredoo. Bagi nasabah yang menggunakan fasilitas pengertian alat pembayaran e-payment ini, maka kartu yang digunakan dikelola oleh penerbit dari e-money tersebut. Tak perlu khawatir meskipun e-money pada Dompetku dikelola oleh Indosat Ooredoo, tetapi e-money Dompetku plus ini bisa digunakan oleh siapa saja tanpa harus menjadi pelanggan kartu indosat terlebih dahulu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *